Dibuang, Sayang!

Semakin hari kita semakin diiming-imingi oleh kemajuan teknologi. Salah satunya adalah kemunculan smartphone. Udah bukan pemandangan yang aneh lagi di mata kita orang-orang yang lagi sibuk sama smartphone-nya. Entah di pinggir jalan, di mall-mall, di angkutan umum , dan di tempat-tempat publik lainnya.

Persaingan dari vendor-vendor smartphone yang semakin ketat membuat calon konsumen harus jeli. Dari persaingan harga, persaingan software, hardware dll. Semakin hari semakin bermunculan smartphone dengan harga yang bisa dibilang relatif murah.

Harga yang murah dan fasilitas yang udah bisa dibilang lengkap benar-benar membuat masyarakat cepat beralih ke era smartphone. Dan satu lagi faktor penunjang yang ga boleh ketinggalan, GENGSI. Hehehe. Semacam satu kebanggaan untuk beberapa orang bisa menggenggam smartphone di tempat-tempat umum.

Salah satu dari bermacam-macam smartphone tsb adalah blackberry. Dan kebetulan saya juga adalah seorang  user. Saya tergolong masih baru sebagai seorang  user. Jujur,  saya ini adalah  bekas / 2nd yang saya beli sekitar kurang lebih 6/7 tahun yang lalu..

Saya memutuskan untuk berpindah dari hp biasa ke  adalah karna saya adalah seorang yang sangat kecanduan dengan internet, khususnya Social Media. Dan pada waktu itu saya pikir dengan memakai  kebutuhan saya akan internet bisa semakin tercukupi. ( Maklum ga punya komputer / laptop )

Tapi ternyata untuk berselancar di social media,  ga berbeda dengan hp yg udah support internet lainnya. Yang membedakan hanyalah fitur ввм™. Fitur chat inilah yang menjadi keunggulan dr  ( menurut saya lho ).

Sedangkan untuk berselancar di social media yang membedakan cuma embel-embel ” via twitter/fb for ” . Penting ? Enggak menurut saya. Untuk browsing sendiri gak ada bedanya dengan hp saya yg lama, P1i. Sebenarnya sih saya lebih milih P1i, karna malah lebih cepat ketika browsing. Dan kamera 3MP+Flash dibanding kamera 2MP 8530 saya. Hehehe

Kembali ke satu keunggulan  , yaitu fitur ввм™. Memang sih saya juga sangat menikmati fitur tsb. Satu fitur yang sangat bagus menurut saya. Tapi, kelakuan  users sendirilah yang pada akhirnya justru ( kadang ) sangat mengganggu.

Sebelum saya menggunakan , banyak teman-teman yang mengeluhkan ulah pengguna  yg lainnya. Dan, akhirnya sekarang saya mengerti dan merasakan itu juga. Hehehe
Broadcast message misalnya, dari yang promote pin  temennya sampe yang kirim berita hoax udah pernah saya terima, sering malah. Udah bisa dibilang kalo BM ini disalahgunakan belum sih ?

Ada juga pengguna  yang terlalu sering update status atau ganti Display Picture ввм™ . Rada eneg jg kan kalo tiap buka Recent Updates orang itu mulu yg nongol. Hahaha
Apalagi kalo update-annya yg ga penting atau cenderung alay. Misalnya, makan aja update status dan diphoto pula makanannya. Trus pas lagi jalan-jalan bentar-bentar update status , @ di sini, @ di situ . . Hahaha
Kan lebih mending bikin akun foursquare, semakin sering check in semakin banyak badges yg di dapet.

Ada juga orang yang “nge-centang” Show What I’m Listening To, ganggu banget yang ini. Tapi kalo yang satu ini masih bisa dikendaliin di setinggan kita dengan ga “nge-centang” Display Music Updates from Contacts sih.

Ada lagi orang-orang yang malah ngobrol di Recent Updates. Kalau alesannya karna ввм™ pending sih sangat bisa diterima, tapi kalo ga ada masalah dengan koneksi ya sangat gak bisa diterima. Ganggu banget. Hehehe

Tapi dari beberapa gangguan dari beberapa pengguna  di contact ввм™ saya td, saya juga cukup terbantu dengan fitur chat ini. Saya jadi melupakan yang namanya SMS. Hahaha

Maraknya smartphone juga semakin membuat orang-orang serasa lebih dekat di dunia maya, tapi justru semakin jauh di dunia nyata. Sebagian orang lebih asik melototin  nya ketimbang dengerin omongan orang tua, teman, atau orang lain yang lagi ada di hadapannya. ( Sering nih yang kaya gini)

Sebagian orang panik ketika  nya lowbat, rusak atau ketinggalan dibanding dengan perut yang belum diisi seharian, ato dompet yang ketinggalan. Merasa kalo lebih sayang ama  nya ketimbang ama kesehatan sendiri atau bahkan pacarnya . . ( Curhat )

Kemajuan teknologi memang menuntut kita untuk ikut maju juga dengan menggunakan barang-barang tsb misalnya. Tapi, kalo barang-barang tsb justru malah membuat kehidupan sosial kita di masyarakat semakin buruk, untuk apa ? Membuat hub kita dengan orang tua menjadi semakin jauh, hub dengan orang-orang terdekat menjadi berantakan , untuk apa ?
Lebih sayang mana, smartphone ato orang-orang terdekat yang menyayangi kita ??

Gak salah kalau kita mempunyai dan menggunakan smartphone. Tapi salah kalo kita sampai mengabaikan orang-orang terdekat kita cuma gara-gara lagi saking asiknya balesin ввм™ , balesin mention atau komen di fb.
Semua harus seimbang. Kehidupan di dunia maya oke, kehidupan di dunia nyata juga tetap oke.

*photo from google*

Posted from WordPress for BlackBerry.

Tentang adhytyasegara

#AdaKamar
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

