” Kamu jangan ngerokok ya ” kata seorang perokok.

Q: kapan lo mulai ngerokok ?
A: kira2 pas gw klas 5 SD

Q: wow! Itu kan pas lo msh kecil bgt?!
A: iya. Karna waktu kecil gw lebih sering kumpul ama orang yg usianya d atas gw. .

Q: itu bukan alasan buat lo jd ngerokok
A: waktu itu gw dipaksa buat ngerokok. Apalah artinya kekuatan seorang anak kecil seusia gw waktu itu dibanding kekuatan orang yg badannya lbh gede dibanding gw? Dan dgn peristiwa itu gw jd tau seberapa besar efek kecanduan dr rokok itu.

Q: enak ga sih ngerokok itu?
A: enak aja sih buat gw. Tp ya cm sebatas itu aja. Enak yg sementara. Ketika rasa enak td mulai hilang, akhirnya lo jd pengen ngerokok lagi dan lagi. Gt seterusnya. .

Q: efek negatif dan positif. Banyakan mana ?
A: negatif. Seperti yg bisa lo baca d setiap bungkus rokok. Tp efek negatif yg lo dpt langsung lebih banyak ketimbang yg lo baca d bungkus rokok.

Q: misalnya ?
A: lo jadi kecanduan ama rokok. Rokok itu racun, dan lo kecanduan racun. Jelas itu efek negatif utama. Lo jd lebih gampang sakit batuk. Pernafasan lo pasti terganggu. Trus, rokok itu bikin lo jd boros dlm segi pengeluaran. Bibir lo jg jd item. Gigi jg jd kuning.

Q: pernah ga lo dimarahin orang gara2 ngerokok sembarangan ?
A: sejauh ini belum pernah. Karna gw ga pernah sembarangan ngerokok. Gw ga pernah ngerokok d dlm angkutan umum. Gw ga pernah ngerokok d dkt haters rokok. .

Q: oke. Dr pengalaman lo gimana td lo ceritain awal2nya lo bisa ngerokok, lo pernah ga balas dendam dan ngajarin anak2 d bawah usia lo buat ngerokok ?
A: GAK PERNAH! Tp gw jg ga ngelarang mereka ngerokok. Yg gw lakuin adl gw ngingetin mereka. Terutama mereka2 yg msh sekolah ato yg msh minta duit org tua. .

Q: lho?! Kenapa ga lo larang mereka ?
A: gak. Karna ngelarang itu cenderung keras. Anak jaman skrg kl lo kerasin justru bakalan ngelawan.

Q: jadi lo jg ga kan ngelarang kl nanti suatu saat lo punya anak, dan anak lo ngerokok ?
A: ini beda. Gw punya tanggung jawab penuh k anak gw nanti. Gw pasti akan lebih keras k anak gw.

Q: kenapa k anak orang lain lo ga keras ?
A: ya karna mereka msh punya org tua yg lebih pantas buat ngelarang. Jd gw cm bisa sampe k batas MEMPERINGATKAN.

Q: sepertinya lo ga mau ya generasi d bawah lo ngikutin kebiasaan lo ngerokok ?
A: gw cuman ga mau mereka ngerasain apa yang udah gw rasain akibat ngerokok ini. Masih banyak kebiasaan2 yg lebih baik ketimbang ngerokok.

Q: agak aneh jg. Seorang perokok kaya lo bilang k orang lain buat jangan merokok. .
A: salah kl lo bilang aneh. Justru ini adl keharusan gw karna gw udah ngerasain dampak buruk dr ngerokok itu sendiri. .

Q: banyak program2 pemerintah unt masalah rokok ini. Menurut lo efektif gak ?
A: ga terlalu efektif. Semua kembali ke individu masing2. Rata2 orang berhenti ngerokok adl karna mereka sakit. . Walaupun banyak jg yg tetep ngerokok walau udah pernah sakit.

Q: trus lo jg bakalan berhenti ngerokok kl udah sakit dulu ?
A: gw gatau kapan gw bakalan berhenti ngerokok. Bisa jd besok, lusa, taun dpn ato malah sampe gw tua nanti. Tp gw jg ga pernah berharap buat sakit gara2 ngerokok. Walaupun itu kemungkinannya kecil.

Q: lo itu aneh. Nyuruh orang buat ga ngerokok tp lo masih ngerokok tanpa tau kapan berhenti. Aneh kan ?
A: gw ngingetin orang yg belum ngerokok buat ga ngerokok. Bukan ngelarang orang yg udah ngerokok. Ini beda. Kl orang yg udah ngerokok udah ga perlu diingetin, itu sama aja percuma. Biar mereka sendiri nanti yg bisa milih mau trus ngerokok ato mau berhenti.

Q: apa sih yg paling susah ketika org mau berhenti ngerokok ?
A: ngumpulin niat yg plg susah. Gw pernah berhenti ngerokok, berkali2 malah. Paling lama gw pernah 6 bln berhenti ngerokok. Tp, sekali gw ngerokok lg, 6 bln td jd sia2 dan akhirnya gw ngerokok trus sampe skrg. Jd kl lo pernah ngerokok dan skrg udah berhenti, jangan sekali2 lo isep rokok lagi.

Q: terakhir. Pesen2 lo buat orang yang belum ngerokok apa ?
A: ya kaya yg gw blg td. Jangan lo sekali2 nyoba buat ngerokok. Karna rokok bkn buat coba2. Sekali lo ngerokok, lo bakalan kecanduan. Dan kalo lo kecanduan, susah bgt ngumpulin niat buat berhenti ngerokok. Rokok itu racun. Jd kl lo bisa taruh kata2 gw td d pikiran lo, lo bakalan bisa jauh dr rokok. Biarin aja orang ngerokok. Toh nanti jg mereka yg ngerasain efek negatifnya. Yang jelas, mulai dr diri lo sendiri buat ga ngerokok. . Jangan pernah mau dibujuk ama orang2 buat ngerokok, meskipun yg ngebujuk lo adl keluarga lo, temen2 dkt, ato bahkan pacar lo sendiri. .

Posted from WordPress for BlackBerry.

Tentang adhytyasegara

#AdaKamar
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s