sekilas tentang perjalanan Paus Benediktus XVI. .

Paus Benedictus XVI mundur dari pemimpin tahta suci Gereja Vatikan. Semua orang terkejut. Pasalnya, sebelum mengumumkan pengunduran diri, Paus Benedictus XVI baru saja mengumumkan sidang pengangkatan untuk tiga Santo.

Paus benediktus terlahir dengan nama Joseph Alois Ratzinger. Ia lahir 16 April 1927 di Marktiam Inn, Bayern, Jerman. Ratzinger terpilih sebagai pemimpin Gereja Katolik Roma 19 April 2005 menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang meninggal dunia 17 hari sebelumnya.

Secara resmi Paus Benediktus XVI dilantik pada 24 April 2005 di usia 78 tahun. Ia adalah Paus tertua yang dilantik dalam dua abad terakhir.

Ratzinger disebut-sebut sebagai orang pilihan yang sudah lama dipersiapkan sebagai pengganti Yohanes Paulus II. Pada saat itu, Ratzinger telah mengabdi selama 25 tahun sebagai penasehat doktrin bagi Yohanes Paulus. Selain faktor kedekatannya, kedua petinggi Gereja Katolik Roma itu mempunyai paham yang sama, yakni konservatif.

Ratzinger berasal dari keluarga petani tradisional Jerman. Pada usia 14 tahun, ia bergabung dengan Hitler Youth atau pasukan pemuda Hitler yang saat itu menguasai Jerman dan sebagian Eropa. Dua tahun setelah bergabung, ia mengikuti wajib militer dan masuk dalam korps anti-pesawat terbang Jerman dan bertanggung jawab menjaga keamanan pabrik otomotif BMW di dekat Kota Munich.

Paus Benediktus XVI pun memperoleh pelatihan dasar militer infantri di kamp infanteri Wehrmacht di perbatasan Austria-Hungaria. Meski sudah mendapat banyak pelatihan kemiliteran, Ratzinger keluar dari dinas militer dan pulang ke kampung halamannya di Bavaria pada Mei 1945.

Kepulangannya itu justru membawa petaka. Tak lama setelah keluar, Ratzinger ditangkap oleh tentara sekutu dan ditawan selama enam minggu sebagai tahanan perang. Namun, Ratzinger kemudian melarikan diri dari kamp tahanan.

Bosan dengan hiruk-pikuk perang, ia kemudian masuk seminari Katolik bersama saudaranya. Kesalehannya di seminari membuat Ratzinger ditahbiskan menjadi imam pada 29 juni 1951 atau setelah satu dasawarsa Perang Dunia II berakhir.

Ratzinger makin moncer. Perkenalannya dengan Kardinal Karol Wojtyla – yang kemudian menjadi Paus Yohanes Paulus II – membuat keduanya menyiapkan Konsili Vatikan II yang berlangsung pada 1962-1965. Keikutsertaannya dalam berbagai acara Vatikan membuat Joseph Ratzinger diangkat menjadi kardinal pada 1977.

Setahun setelah Ratzinger diangkat menjadi kardinal, Karol Wojtyla dilantik menjadi Paus pada 1978. Pelantikan Karol juga berimbas pada karir Ratzinger. Karol memindahkan Ratzinger ke Vatikan untuk memimpin kongregasi doktrin dan iman, yang menjadi posisi sentral dalam Gereja Katolik Roma.

Karir kerohanian Ratzinger tak hanya sampai di situ. Pada 1981, ia dilantik sebagai ketua dewan kepausan untuk doktrin iman dan menjadi uskup kardinal Katedral Velletri-Segni tahun 1993. Pada 2002, status Ratzinger meroket lagi. Ia dilantik menjadi dekan atau ketua kolegium dewan kardinal.

Puncaknya, pada 2005 ia resmi menjadi pemimpin Gereja Katolik Roma setelah ditunjuk menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang mangkat. Ratzinger bergelar Paus Benediktus XVI.

Paus Benediktus XVI adalah pemimpin Gereja Katolik berkebangsaan Jerman kedelapan dalam sejarah Vatikan. Paus pertama berdarah Jerman adalah Paus Gregorius X.

Paus Benediktus XVI dikenal dengan pandangannya yang konservatif. Ia menentang keras homoseksualitas, pernikahan sejenis, euthanasia, dan aborsi.

Ia pun secara konsisten menerapkan hasil konsili Vatikan II di antaranya menjalankan ‘nostra aetate’, dokumen yang menekankan rasa saling menghormati terhadap agama lain dan mendukung pernyataan hak kebebasan beragama.

*sumber: metro tv.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Tentang adhytyasegara

#AdaKamar
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s