Sebab rancanganKu bukan rancanganMu, dan jalanmu bukan jalanKu

Pada Paskah tahun ini Bejo resmi menjadi warga Katholik setelah pada perayaan malam Paskah tadi malam Bejo menerima sakramen Baptis.
Keesokan harinya, Bejo bertemu dengan teman dekatnya sejak kecil, Anto.
Anto ini adalah seorang Atheis. Dia mendengar kabar bahwa Bejo sudah dibaptis tadi malam.

“Selamat ya Jo. Kamu sudah dibaptis tadi malam.” Sebuah ucapan selamat dari Anto membuka perbicangan mereka.
“Bejo, kamu tahu berapa kali Yesus berkotbah selama Ia hidup?” Tanya Anto.
Bejo sedikit berpikir kemudian menjawab, “Aku tidak tahu.”
“Trus kenapa Yesus ini lahir dari kandungan seorang manusia? Kenapa dia ga muncul tiba2, atau dari batu yang berubah wujud dari manusia?” Tanya Anto.
Bejo berpikir lagi, kemudian dia menjawab pertanyaan temannya itu, “Aku juga tidak tahu.”
“Kalo kamu enggak tahu Yesus, lalu buat apa kamu dibaptis?” Tanya Anto lagi.
Bejo kemudian berkata, ” Aku sendiri malu ketika dibaptis. Aku malu karna aku belum sepenuhnya tahu tentang Yesus. Tapi Anto, 3 tahun yang lalu semenjak aku mengenal Yesus kehidupanku menjadi berubah. Dulu aku seperti musuh untuk istri dan anak2ku. Hutang2ku ke bandar judi begitu banyak. Pekerjaanku terbengkalai, bahkan aku nyaris dikeluarkan dari pekerjaan. Berbeda dengan setelah aku berkenalan dengan Yesus. Aku mulai bisa menjadi panutan untuk keluargaku. Anak2ku begitu menghormati dan menyayangiku. Perlahan hutang2ku bisa aku bayar hiungga kini tlah lunas. Dan aku semakin giat bekerja sehingga atasanku dan rekan2 kerjaku kagum terhadap hasil kerjaku. Bagitu banyak belas kasih Tuhan untukku dan keluargaku. Maka dari itu, aku tidak ragu lagi untuk semakin mengenal Yesus dan juga dibaptis.”

. . .

Sebab rancanganKu bukan rancanganmu dan jalanmu bukanlah jalanKu, demikianlah firman Tuhan, ” Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah jalanKu menjulang diatas jalanmu, dan rancananKu di atas rancanganmu. Seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke sana, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh2an, memberi benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, demikianlah firmanKu yang keluar dari mulutKu; Ia tidak akan kembali kepadaKu dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya” . .

*sebuah renungan dari Romo Alip dalam kotbah pesan paskahnya, dan juga sedikit firman dari kitab Nabi Yesaya*

Posted from WordPress for BlackBerry.

Tentang adhytyasegara

#AdaKamar
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

